Definisi dan tujuan Normalisasi Basis Data

Definisi Normalisasi

Normalisasi pertama kali diperkenalkan oleh E.F.Codd pada tahun 1972. 
  1. Menurut E.F Codd, Normalisasi dipakai untuk membuat struktur tabel (relasi) dalam basis data (mengurangi kemubaziran data).
  2. Normalisasi basisdata adalah proses pengorganisasian field-field dan tabel-tabel pada sebuah basisdata relasional untuk meminimalisasikan redundansi dan ketergantungan.
  3. Menurut Kroenke, Normalisasi sebagai proses untuk mengubah suatu relasi yang memiliki masalah tertentu ke dalam dua buah relasi atau lebih yang tidak memiliki masalah tersebut (anomaly).
  4. Normalisasi adalah suatu proses untuk mengubah suatu tabel yang memiliki masalah tertentu ke dalam dua buah tabel atau lebih, yang tidak lagi memiliki masalah tersebut (Abdul Kadir, 2002: 52).


      Dengan kata lain  Normalisasi adalah proses pembentukan struktur basis data sehingga sebagian besar ambiguitas (ketidakjelasan) bisa dihilangkan. 
      Normalisasi merupakan metode yang digunakan dalam merancang basis data relasional yang logis melalui himpunan data dengan tingkat ketergantungan fungsional dan keterkaitan sehingga menghasilkan struktur tabel yang normal.
 dan baca juga Tahapan Normalisasi Basis Data

TUJUAN NORMALISASI

    Mengapa normalisasi perlu dilakukan?
  • Untuk optimalisasi struktur tabel
  • Untuk meminimalisasi redundansi data
  • Untuk meminimalisasi ketergantungan data
  • Untuk mempermudah pemodifikasian data
  • Untuk meningkatkan integritas data
  • Untuk menghindari anomali 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar