Definisi dan Jenis Perangkat Lunak(Rekayasa Perangkat Lunak)

Definisi Perangkat lunak

Perangkat lunak adalah program komputer dan dokumentasi terkait (Sommerville, 2011, p. 6).Sedangkan definisi dari IEEE, perangkat lunak (software) adalah program komputer, prosedure, dokumentasi terkait, dan datterkait untuk mengoperasikan sistem komputer.
Sehingga perangkat lunak terdiri dari 4 komponen, yaitu:

-    Program komputer (kode)

-    Prosedur

-    Dokumentasi


-    Datyandibutuhkan untuk mengoperasikan sistem perangkat lunak


Jenis Perangkat lunak

Produk perangkat lunak dapat dikembangkan untuk pelanggan tertentu, atau dapat dikembangkan untuk pasar umum. Sehingga jenis perangkat lunak berdassarkan pasar dibagi menjadi dua, yaitu:
1.   Perangkat Lunak Generik

Perangkat lunak standar yang diproduksi oleh perusahaan pengembang dan dijual pada pasar  terbuka ke  siapapuyang  bisa  membelinya (Shrink- wrapped)
2.   Perangkat Lunak Pesanan

Perangkat lunak yang dikembangkan khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan


Jenis perangkat lunak berdasarkan platform antara lain:

1.   Software  Sistem,  yaitu  jenis  perangkat  lunak  yang  bertujuan  untuk mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga sistem dapat melakukan tugasnya.
2.   Software Real-Time, yaitu perangkat lunak yang sangat tergantung pada dunia luar, dan harus merespon pada masalah dunia nyata dalam batasan waktu
3.   Software Bisnis, yaitu perangkat lunak yang dibuat secara khusus untuk mendukung operasional bisnis tertentu.
4. Software Teknik dan Ilmu Pengetahuan, perangkat lunak yang dapat menyelesaikan perhitungan- perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang sangat cepat.
5.   Software Tertanam (Embedded Software), yaitu perangkat lunak khusus yang dirancang untuk menjalankan tugas tertentu dan sistem tersebut tertanam dalam satu kesatuan sistem, biasanya disimpan dalam ROM (Random Access Memory)
6. Software Komputer Personal, perangkat lunak yang diinstalasi dan digunakan pada komputer yang digunakan secara pribadi
7. Software Kecerdasan Buatan, perangkat lunak yang dibuat dengan menggunakan teknik algoritma tertentu untuk memecahkan masalah yang kompleks, digunakan dalam bidang aplikasi kecerdasan buatan.



8.   Software Mobile, perangkat  lunak yang diinstalasi dan digunakan pada perangkat mobile


Jenis perangkat lunak berdasarkan lisensinya dibagi menjadi dua, yaitu:

1.   Proprietary Software

Software yang source codenya tertutup dan didistribusikan dengan suatu format lisensi yang membatasi pihak lain untuk menggunakan, memperbanyak dan memodifikasi. Lisensi proprietary software memungkinkan orang lain menggunakan software yang kita buat dengan diikuti penyerahan royalti (uang) ke pemilik hak ciptanya. Shareware dan Freeware adalah proprietary software. Free for use belum tentu free for (redistribute) atau free for modify!
2.   Open Source Software

Software yang source codenya terbuka dan didistribusikan dalam suatu format lisensi yang memungkinkan pihak lain secara bebas memperbanyak dan memodifikasi source code didalamnya. Hak cipta tetap ada, tapi lisensi memungkinkan orang lain bebas untuk menggunakan dan memodifikasi software tersebut
Jenis lisensi open source software:

-    GNU General Public License (GPL)

-    Apache License

-    BSD license

-    MIT License


-    Mozilla Public License







i Perangkat Lunakrangkat Lunak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar