MAKALAH
MENU
DAN PERANGKAT CEPAT PADA MENU
Diajukan Sebagai Tugas
Mata Kuliah Interaksi Manusia Dan Komputer
Kelas : 08 TPLE 007
Disusun
Oleh :
1.
Hendra Purnomo ( 2013140793)
2.
Ponco Wibowo ( 2013142796)
3.
Muhamad Ali ( 2013142609)
4.
Apit Efendi ( 2013142436)
PROGRAM STUDI INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PAMULANG
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Telp (021)7412566,
Fax.(021)7412566
Tangerang Selatan – Banten
BAB I
PENDAHULAN
Latar belakang pembuatan makalah ini
untuk menjabarkan dan menjelaskan materi tentang menu dan pergerakan cepat pada
menu. Menu
merupakan suatu cara untuk memberitahu user mengenai intruksi – intruksi yang
dapat dieksekusi oleh aplikasi. Sehingga pada kali ini kami akan membahas
mengenai menu dan perangkat cepat pada menu dalam interaksi manusia dan
komputer.
1.
Apa pengertian Menu?
2.
Apa saja jenis-jenis Menu?
1.
Mengetahui pengertian Menu dan
memahami pengguaannya.
2.
Mengetahui jenis-jenis Menu yang
tersedia.
Merupakan bahan masukan untuk membuat
Menu lebih mudah dipahami, masuk akal, mudah diingat, nyaman bagi
organisasi karena relevant dengan pekerjaan users(pengguna).
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Menu
Menu adalah cara untuk menyajikan petunjuk yang tersedia bagi
pengguna. Form fill-in adalah cara sebuah sistem untuk meminta data atau
informasi dari user. Sedangkan Dialog box adalah respon dari sistem
setelah user memberikan instruksi atau informasi. Menu, Form Fill-in, dan
Dialog box merupakan bagian yang cukup penting didalam suatu aplikasi.
B.
Tipe – Tipe
Menu
1. Single Menus
a) Simantek Single adalah menu dengan dua pilihan
(e.g : mnemoic letters, Radio buttons, button choice)
b)
Multiple-item menus adalah single menu yang boleh memiliki lebih dari dua item
c)
Mulitple-selection menu atau check boxes adalah variasi dari single menu yang yang
memungkinkan pengguna memilih lebih dari satu pilihan yang diberikan
d)
Pull Down dan Pop Up Menu, pull down menu biasanya
tersedia untuk pengguna dan terletak dibagian atas menu bar. Sedangkan pop up
menu biasanya muncul sebagai respon terhadap aksi pengguna, misalnya waktu
pengguna menekan atau memilih suatu menu
e)
Scrolling dan 2 Dimensional Menu, yaitu
menu dengan item list yang banyak sehingga beralasan
untuk ditampilkan.
f)
Alphasliders, menggunakan multiple level granularity pada pergerakan slider-nya atau
scroll box. Alphaslider bisa mendukung untuk penggunaan menu dengan jumlah item
yang banyak.
g)
Embedded Links, merupakan menu dimana item nya ditanamkan dalam bentuk teks dan grafik
yang bisa ditekan atau dipilih
h)
Iconic Menu, Toolbars, atau Palletes Menu, merupakan menu yang menawarkan banyak aksi
yang bisa dipilih oleh pengguna dengan menekan untuk menampilkan
2. Combination of Multiple Menus
a) Tree Structured Menus
Ketika kumpulan item berkembang dan menjadi sulit dipelihara dalam kendali
intelektual, perancang dapat membentuk kategori item-item yang serupa,
membentuk struktur tree.
Contoh pengelompokan:
§ Laki-laki, perempuan
§ Hewan, sayuran, mineral
§ Fonts, size, style, spacing
b) Linear sequence menus (membantu user dalam
membuat suatu pilihan yang kompleks, dan sangat berguna bagi novice users)
c) Simultaneous menus (memberikan semua pilihan
yang mungkin secara bersamaan dan memperbolehkan user untuk memasukkan pilihan
secara sembarang)
d) Menu maps (membantu user agar tidak
bingung dengan menu yang ada). Memperlihatkan semua menu yang ada
e) Cyclic Network
Cyclic network adalah tipe menu yang dapat bercabang – cabang dan dapat
kembali ke menu utama atau menu sebelumnya.
f) Acyclic Network
Acyclic network adalah tipe menu yang dapat bercabang – cabang dan setiap
menu dapat ditempu dengan beberapa cara namun tidak dapat kembali ke menu
sebelumnnya atau menu utama.
C.
Perangkat Cepat Pada Menu
Pergerakan cepat pada menu terdiri dari
:
1.
Menu Dengan
Typehead
Penting jika menu sudah sering digunakan sementara waktu respons
atau kecepatan tampil lambat.
Pendekatan BLT(Bacon, Lettuce, Tomato Sandwich): pembentukan
mnemonik dari penggabungan huruf‐huruf pilihan menu.
2.
Nama menu atau
bookmarks
Penamaan sederhana memudahkan pemakai
mengakses menu secara langsung. Web browser menyediakan bookmarks atau
favorites sebagai jalan pintas bagi pemakai
untuk menuju situs yang pernah
dikunjungi.
3.
Menu macros
Perintah yang sering digunakan dapat direkam dan disimpan sebagai
makro. Pada beberapa software, makro dapat ditempatkan di toolbar sebagai ikon.
D. Tata Letak Menu
·
Judul
·
Penamaan pilihan menu
·
Tata letak dan desain grafis
1.
Tata Letak Menu: Judul
Menu tunggal: Judul yang deskriptif.
Menu tree: Nama pilihan harus sama dengan judul
halaman yang dipanggil.
2.
Tata
Letak Menu: Penamaan Pilihan Menu
Gunakan peristilahan yang dikenal dan
konsisten.
Pastikan item dapat dibedakan dari pilihan
lain.
Gunakan pemilihan kata yang konsisten dan
singkat.
Tempatkan kata kunci di kiri.
3.
Tata Letak Menu: Tata Letak dan Desain Grafis
Perhatikan kendala seperti lebar dan tinggi
layar, kecepatan tampil,character set, dan highlighting.
Buat pedoman/panduan untuk komponen-komponen:
judul, penempatan item, petunjuk, pesan kesalahan, dan laporan status.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari penjelasan diatas, maka ada beberapa hal
yang dapat penulis simpulkan:
Menu merupakan suatu cara untuk memberitahu
user mengenai instruksi - instruksi yang dapat dieksekusi oleh aplikasi. Untuk
mendapatkan data dari user digunakan form fill - in. Sementara itu respons
diberikan pada user dalam bentuk dialog box
B.
Saran
Makalah yang kami buat jauh dari kata sempurna,
oleh karena itu untuk menambah pemahaman dan memberikan pengetahuan yang lebih
banyak, alangkah lebih bijaksananya apabila pembaca mencari referensi tambahan
sebagai bahan acuan. Kritik dan saran juga selalu kami terima, karena dengan
kritik dan saranlah makalah ini menjadi jauh lebih sempurna.
Untuk lebih enaknya silahkan silahkan saudara download aja disini
DOWNLOAD JUGA :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar